Ads Here

Sunday, October 2, 2016

Tutorial Merakit PC Beserta Gambar



Assalamu'alaikkum kawan-kawan ^^

kembali lagi nih sama saya yang Insya Allah bisa berbagi ilmu dengan kalian..... Kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara merakit komputer yang sesuai dengan apa yang telah saya dapatkan di pelajaran yang ada di sekolah...
Semoga bermanfaat and keep enjoy ^^


Tutorial Merakit PC (Personal Computer)
Tujuan daripada merakit computer sendiri adalah agar kita tahu apa saja komponen-komponen yang ada didalam computer, selain itu kita juga dapat mengetahui apa saja fungsi-fungsi dari komponen-komponen tersebut. Tujuan lain dari merakit computer sendiri itu agar kita bisa bebas memilih komponen dengan spesifikasi yang kita inginkan.

Untuk lebih lanjutnya, yuk simak penjelasan dari saya ^^
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan alat-alat, dan bahan-bahannya tentunya.

ALAT : 1. Obeng plus(+)
2. Obeng minus (-)
3. Tang Lancip (biasanya sih saya menyebutnya dengan ‘tang buaya’)
4. Berbagai macam baut.

BAHAN : 1. Motherboard
2. Heatsink (Fan)
3. Processor
4. Power Supply
5. DVD Drive (Drive Optical)
6. Harddisk
7. RAM
8. Casing


TUTORIAL MERAKIT PC :

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memasang kaki-kaki (dudukan) pada motherboard sebagai alat piajakan motherboard pada casing. 

2. Pasang Power Supply pada tempat yang telah tersedia, kencangkan dengan bautnya.

3. Buka kail untuk meletakkan processor pada motherboard, lalu pasang processor (ingat jangan sentuh bagian kuningan pada processor, dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut.) Pasang bagian segitiga kuning ini pada bagian bawah (jangan sampai terbalik memasangnya). Jika ada, beri cairan thermalpaste (pasta pendingin).



4. Pasang heatsink pada bagian atas processor. Untuk memasangnya, tarik kaki heatsink lalu putar berlawanan arah. Lalu tekan bagian tengah heatsink barulah mulai menekan kaki-kaki dengan cara menyilang (agar lebih mudah dan heatsink terpasang dengan sempurna).

5. Pasang RAM pada slot yang telah disediakan (Jangan sentuh kuningan pada RAM, dikhawatirkan RAM akan rusak atau bahkan terbakar. ). Pasang RAM sesuai kaki pada slot maupun pada RAMnya sendiri. Lalu tekan pengunci bagian kanan dan kiri.

6. Pasang motherboard pada kaki-kaki (dudukan untuk motherboard) yang telah kita pasang tadi, lalu kencangkan dengan baut pada bagian motherboard yang terdapat tanda kristal-kristal seperti ini.

7. Pasang konektor yang dari heatsink pada motherboard-nya.

8. Pasang konektor dari power supply yang ada 24 pin pada tempatnya yang terdapat di motherboard. (Jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard)

9. Pasang konektor 4 pin dari power supply ke motherboard di pojoknya



10. Pasang harddisk pada bagian yang telah disediakan, kencangkan menggunakan baut.

11. Pasang optical drive (DVD Optical/DVD ROM) pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan, kencangkan dengan baut.

12. Pasang konektor front panel pada motherboard seperti reset switch, power switch, power LED, HDD LED dan Speaker.






13. USB (Untuk pemasangan kabel USB sendiri, jika ada dua slot USB, maka cari slot USB yang memiliki angka yang lebih kecil) misalnya, ada dua slot USB, yaitu USB 67 dan USB 8 . Pilihlah yang USB 67.

14. Pasangkan konektor USB harrdisk ke SATA1

15. Pasangkan konektor USB optical drive ke SATA2

16. Pasang konektor dari powersupply yang memiliki 4 pin peripheral

17. Lalu pasanng casing kembali, kencangkan dengan baut yang agak besar dari baut-baut yang lain.

18. Selesai 






Segitu dulu nih ilmu yang bisa saya sharing ke antum semua.... Next time Insya Allah (Insya Allah terus ya :-D) Saya bakal share lagi pelajaran yang saya dapet dari sekolah...
Terimakasih
Assalamu'alaikkum :)

No comments:

Post a Comment

Budayakan membaca, jangan copas:)