Ads Here

Monday, September 18, 2017

15 Konfigurasi Dasar Windows Server 2016

Assalamu'alaikum wr, wb, kali ini saya akan membahas bagaimana konfigurasi 15 perintah dasar pada Windows Server 2016.

Masuk ke command line, lalu ketikkan "sconfig" untuk masuk ke konfigurasi server.

1. Domain / Workgroup
Ini gunanya untuk masuk ke workgroup atau domain yang sudah ada (terdaftar).

Kita pilih "1" untuk masuk ke konfigurasi domain/workgroup. Lalu pilih 'D' untuk masuk ke Domain, kalau mau ke workgroup, ketikkan 'W'

Disni belum bisa, karena domain saya belum terdaftar dalam jaringan.

2. Computer Name 
Disini saya akan menggubah nama server saya.

Pilih "2" untuk mengganti nama nya, lalu ketikan nama apa yang mau anda jadikan sebagai nama server anda.

Disini kita harus restart servernya



kita login lagi.

Sekarang kita lihat apakah nama server nya sudah terganti?? caranya ketikkan perintah "whoami" di cmd.

Kita balik lagi ke 'sconfig' untuk lihat apakah nama server sudah terganti.

Disini nama server sudah berubah.

3. Add Local Administrator



Pilih "3" , kemudian masukkan domain/username.

Dan nanti kita akan diminta untuk memasukkan password untuk username yang sudah kita masukkan tadi.


4. Configure Remote Management
Disini kita akan meng-enable kan atau men-disable kan management remote.

Pilih "4", Lalu disini saya misalnya mau men-disable management remote nya pilih "2". Lalu enter.

Nah kalau kita lihat disitu sudah berganti menjadi disable.

5. Windows Update Settings
Disini kita akan mengatur apakah windows update nya mau di automatic atau manual.

Pilih "5", lalu disni ingin saya ubah ke automatic, jadi pilih 'A'. Tetapi kalau kalian mau ubah ke maual ya tinggal ketik 'M'

Nah disni udah tersetting windows update jad automatic dan system akan di cek dan diinstall setiap hari pada 3.00AM

Disni sudah terganti ke automatic ya.

6. Download and Install Update
Ini kita akan mendownload dan install update-an terbaru. Pilih "6"

Disitu ada pilihan, saya akan memilih yang All Updates, jadi saya pilih 'A'

Pilih lagi All Updates, jadi saya pilih 'A'.

Disni kita restsrt dulu.

7. Remote Desktop
Kita disini mau men-enable atau disable remote desktop nya.

Pilih "7", Lalu pilih 'E' karena saya mau enable kan remopte desktop nya. Kemudian saya pilih '1' karena saya ingin mengizinkan hanya client yang bisa me remote desktop dengan network  level authentikasi.



Disni sudah berubah menjadi enable, dan hanya untuk client

Sekarang saya mau coba ubah jadi mengizinkan client me remote apapun.



Disni udah terganti juga untuk semua client.

8. Network Settings

Disini saya akan menyetting network server.

Pilih "8". Lalu pilih index nya, karena disni index saya adalah "1" maka saya masuk ke "1" nah kalau angka index itu tergantung.

Nah ini saya setting network adapter address, pilih "1"

Masukkan ip address, netmask, dan gateway nya.

Nah kita lihat nanti ip address, gateway, dan dns akan tergantikan.

Lalu pilih "2", kemudian masukkan prefrensi baru DNS Server nya.



Lanjutkan untuk memasukkan DNS alternatif.



Nah disitu udah tersetting ip address, gateway, DNS, netmask, dan lain-lain.

9. Date and Times
Disni kita kan menkonfigurasi tanggal dan waktu. Pilih "9"

Kita pilih 'Change Time Zone', lalu setting sesuai zona dimana anda berada. Lalu 'OK'

Lanjut kita setting tanggal dan waktu, pilih 'Change Date and Time', Pilih tanggalnya, lalu 'OK'

10. Help Improve the Product with CEIP
Pilih "10"

Nah nanti kita akan diminta untuk berpartisipasi, kita pilih 'yes' atau 'no'

11. Windows Activation

Disitu kita akan mengaktivasi Windows Server. Pilih "11"

Lalu pilih "1" untuk melihat informasi lisensi Windows Server nya.

Nah disitu nanti akan terlihat lisensi nya. Disitu punya saya tidak terlisensi.

12. Log Off User
Disni kita akan tau bagaimana cara log off nya, pilih "12", lalu "Yes"

13. Restart Server
Nah cara restart server nya, pilih "13", lalu "Yes"

14. Shut Down Server
Disni cara shutdown nya, pilih "14", lalu "Yes"

15. Exit to Command Line
Disni kita akan keluar dari server konfigurasi dan akan ke CMD. caranya ketik "15",

Nanti dia akan berpindah ke Command Line (CMD)

Dan sekian 15 perintah dasar Windows Server 2016 dari saya, kurang lebihnya mohon maaf, Assalamu'alaikum wr, wb.

1 comment:

Budayakan membaca, jangan copas:)